TOP NEWS

“Just know, when you truly want success, you’ll never give up on it. No matter how bad the situation may get.”

Saturday, June 16, 2012

Cara Mengakses Situs Yang Diblokir


Ilmu Komputer – Pada saat berselancar di internet, pernahkah anda menemukan beberapa website yang tidak dapat diakses dari komputer anda? Terdapat beberapa sebab dimana anda tidak dapat mengakses alamat website yang bersangkutan, antara lain dapat disebabkan oleh: IP address ataupun DNS server yang ter-blacklist, juga dapat disebabkan oleh filter dari provider internet yang anda gunakan yang memblokir situs-situs tertentu.
Terdapat banyak cara untuk tetap dapat mengakses situs-situs yang diblokir tersebut salah satunya adalah melalui IP bayangan atau dikenal dengan istilah Proxy. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai Proxy dapat membaca artikel Pengertian Tentang Proxy.
Pada tulisan kali ini akan menjelaskan cara memanfaatkan proxy tersebut untuk mengakses situs yang diblokirbaik oleh provider anda maupun oleh admin pemilik situs.

Cara Mengakses Situs Yang Diblokir

Untuk menjalankan trik ini yang anda perlukan hanyalah browser Mozilla Firefox dan addon Proxy Tool yang dapat diinstal secara gratis.
  1. Buka browser Mozilla Firefox anda.
  2. Lalu klik Tools > Addons (atau tekan CTRL+SHIFT+A pada keyboard)
  3. Bila anda menggunakan Firefox versi 9 keatas anda akan melihat kotak pencarian dibagian kanan atas. Ketikkan disana Proxy Tool lalu tekan Enter. Berikutnya mozilla akan melakukan pencarian.
  4. Setelah hasil pencarian muncul, temukan addon yang berwarna hijau bulat dengan tulisan PT. Lalu klik tombol Install yang terdapat disebelah kanan. Setelah instalasi selesai Mozilla akan melakukan restart program secara otomatis.
    Cara-Mengakses-Situs-Yang-Diblokir-2
  5. Bila instalasi berhasil anda akan melihat sebuah kotak kosong berwarna putih dengan tombol berwarna merah disebelah kanan bawah browser anda. Kotak kosong tersebut adalah tempat untuk mengisi alamat proxy. Kemudian klik tombol merah untuk mengaktifkan proxy tersebut.
  6. Pada langkah berikutnya kita akan menggunakan proxy gratis yang disediakan oleh addon Proxy Tool tersebut, maka klik kanan pada tombol merah bulat tersebut > pilih Free HTTP (S) Proxies. Kemudian pilih salah satu proxy yang sudah disediakan secara acak oleh addon tersebut. Setelah itu jangan lupa untuk mengklik tombol merah untuk mengaktifkannya.Cara-Mengakses-Situs-Yang-Diblokir
  7. Silakan anda buka kembali alamat situs yang diblokir.
Tambahan:
Dengan menggunakan proxy gratis seperti ini, kecepatan akses internet dapat lebih cepat maupun sebaliknya. Oleh karena itu ada baiknya diujikan terlebih dahulu masing-masing alamat proxy yang sekiranya terasa paling cepat.
Secara default, addon Proxy Tool menyediakan 5 alamat proxy gratis yang berlainan setiap harinya namun bila semua alamat proxy tersebut tidak mempunyai kecepatan akses yang baik anda dapat mendapatkan ribuan alamat proxy gratis lain melalui beberapa situs penyedia proxy bayangan seperti:
  1. www.hidemyass.com
  2. www.spysurfing.com
  3. www.anonymizer.com
  4. www.proxify.us
Selain berfungsi untuk mengubah alamat proxy, addon Proxy Tool juga mempunyai fitur lainnya untuk menyamarkan lokasi, informasi komputer, OS anda dsb. Luangkan beberapa menit anda untuk meng-eksplorasi beberapa fitur add on ini untuk mengetahuinya lebih jauh :-)
Demikianlah informasi mengenai Cara Mengakses Situs Yang Diblokir. Semoga bermanfaat.
===

1 comment: