TOP NEWS

“Just know, when you truly want success, you’ll never give up on it. No matter how bad the situation may get.”

Saturday, June 16, 2012

Membuat Folder Yang Tak Dapat Dihapus Dan Direname


Sebagai pengguna komputer pernahkah anda menemukan folder yang tidak dapat dihapus dan direname? Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal yang dimungkinkan oleh adanya proses yang sedang berjalan disistem mengarah pada folder tersebut ataupun diproteksi oleh sipemilik folder.
Pada tulisan ini akan dibahas salah satu trik yang dapat membuat folder dikomputer anda tidak bisa dihapus dan diganti namanya (rename).
Cara kerja Trik ini
Secara sederhana trik ini menggunakan sebuah fungsi yang disebut dengan Keywords. Keyword adalah script atau kata-kata tertentu yang dilindungi pada bahasa pemrograman yang mana tidak dapat digunakan sebagai nama pada variable. Sistem operasi Windows juga menggunakan keywords tertentu ini didalam bahasa pemrograman mereka seperti: aux, con, lpt1, lpt2, lpt,3, dst hingga lpt9. Sebagai ujicoba, buatlah sebuah folder baru dengan nama-nama tersebut. Anda akan melihat bahwa proses rename akan selalu gagal!

Membuat Folder Yang Tak Dapat Dihapus Dan Direname

Lalu bagaimanakah agar kita dapat membuat sebuah folder dengan nama-nama keyword “terlarang” diatas? Anda dapat memanfaatkan celah pada sistem operasi DOS atau yang dikenal dengan Command Prompt untuk menggunakan nama-nama tersebut.
Langkah-langkah untuk melakukannya adalah:
  1. Klik Start Menu > Run. Ketikkan cmd lalu tekan Enter
  2. Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketikkan lokasi drive dimana anda ingin membuat folder unik tersebut, misalnya di drive D, maka ketikkan D: lalu tekan Enter. (folder unik tersebut tidak dapat dibuat di drive atau dimana terdapat sistem operasi terinstal)
  3. Lalu ketikkan perintah berikut md con\  atau md lpt1\ lalu tekan Enter (Bisa juga md lpt2 hingga 9)
Kini periksalah lokasi di drive D anda. Bila benar anda akan melihat sebuah folder kosong bernama con. Folder tersebut tidak dapat dihapus maupun direname. Setiap kali anda ingin menghapus folder akan muncul pesan ‘Item Not Found’ seperti tampak gambar berikut:
Membuat-Folder-Yang-Tak-Dapat-Dihapus-Dan-Direname

Cara Menghapus Folder Keyword Tersebut

Anda tidak dapat menghapus folder tersebut dengan cara manual. Untuk menghapus folder tersebut kembalilah ke Command Prompt (seperti langkah no.1-3 diatas), kemudian ketikkan perintah rd con\ atau dan sebagainya berdasarkan keyword yang anda ketikkan sebelumnya.
Demikianlah informasi mengenai Membuat Folder Yang Tak Dapat Dihapus Dan Direname. Semoga bermanfaat :-)
===

0 Pengomentar: